Kamis, 01 Mei 2014

MATERI BINTEK INSTRUKTUR NASIONAL KURIKULUM 2013 MANAGEMEN KEPEMIMPINAN SEKOLAH






LKKS. 3.A1.SD
 


Lembar Kerja Pelatihan:
RENCANA  IMPLEMENTASI  MANAJEMEN  PERUBAHAN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013
Penyelesaian tugas ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam merencanakan dan mengevaluasi keterlaksanaan dan keberhasilan  perubahan pada pelaksanaan kurikulum 2013.
Setelah mengikuti pelatihan peserta hendaknya memiliki kompetensi mengelola perubahan dengan indikator kompetensi, materi, dan aktivitas peserta dapat dilihat pada gambar berikut:
           


Seperti yang sudah Saudara ketahui bahwa manajemen perubahan adalah suatu proses, alat dan teknik untuk mengelola orang-orang untuk berubah dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan. Keberhasilan kepala sekolah dalam merencanakan perubahan diharapkan dapat menunjang efektivitas pengelolaan kurikulum 2013. 
Perhatikan  diagram arah dan ruang lingkup perubahan secara umum yang perlu agar dapat mengarahkan pelaksanaan kurikulum 2013 di bawah ini. Lihat bahwa poros utamanya adalah mengembangkan mutu lulusan.
Saudara juga perlu memperhatikan diagram berkutnya agar dapat melihat struktur pengembangan program yang dimulai dari visi-misi serta ditindaklanjuti dengan komponen lain yang mendukung perubahan. Diagram di bawah diharapkan dapat memperjelas peta tantangan pada berbagai faktor pendukung perubahan secara utuh.
Penerapan manajemen perubahan pada dasarnya untuk mengembangkan daya adaptasi sekolah dalam memenuhi kebutuhan siswa yang terus berubah dan usaha sekolah memperbaiki pemenuhan standar. Tabel berikut menunjukkan contoh kegiatan yang dapat Saudara kembangkan dengan indikator pemenuhan standarnya.
No
Program/Kegiatan
Indikator Pencapaian
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1.     
Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Mengembangkan sikap spiritual
Mengembangkan sikap sosial
Mengembangkan pengetahuan  faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
Mengembangkan keterampilan
STANDAR ISI
2.     
 Pengembangan struktur kurikulum
Mengembangkan struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan merujuk pada prinsip-prinsip pada Permendikbud 67/68/69 tahun 2013
3.     
Pemetaan  beban belajar
Menentukan kegiatan yang wajib siswa ikuti dalam tiap minggu, semester, dan satu tahun pelajaran.
STANDAR PROSES
4.     
Perumusan RPP
·         Mengacu pada silabus, buku guru, dan buku siswa.
·         Komponen RPP sesuai dengan Permendik 81A tahun 2013.
5.     
Penjaminan mutu pelaksanaan pembelajaran melaksanakan pendekatan  saintifik
·         Mengamati, menanya, mengasosiasi, mengkomunikasikan.
6.     
Program peningkatan efektifitas buku guru
·         Buku guru sebagai acuan kegiatan pembelajaran
7.     
Program pemberdayaan buku siswa
·         Buku siswa sebagai acuan kegiatan pembelajaran
STANDAR PENILAIAN
8.     
Peningkatan mutu penilaian
·         Menerapkan penilaian otentik
·         Menggunakan portopolio
·         Menggunakan Penilaian Acuan Kriteria (PAK)
·         Mengembangkan model format penilaian untuk tiap guru
·         Mengembangkan sistem informasi penilaian tingkat satuan pendidikan.
·         Mengelola data nilai dalam leger
·         Mengelola data nilai dalam buku induk
·         Mengelola nilai rapot
STANDAR PENGELOLAAN
Perencanaan
9.     
Mensosialisasikan perubahan kepada guru, orang tua dan peserta didik
·        Melaksanakan kegiatan penyebaran informasi rencana perubahan kepada orang tua siswa, guru, dan seluruh staf sekolah.
10.  
Perencanaan program jangka menengah dan program tahunan
·        Tersusunnya program jangka menengah berdasarkan data hasil akreditasi dan hasil EDS.
·        Mempertimbangkan komponen pergeseran dalam implementasi kurikulum 2013
·        Tersusunannya jangka tahunan yang dijabarkan dari program jangka menengah dan hasil EDS
Berdasarkan materi yang telah Saudara pelajari, kerjakan tugas berikut  pada lembar jawaban yang tersedia!
1.     Berdasarkan berbagai informasi yang telah Saudara perhatikan, coba tentukan satu rencana kegiatan perubahan serta gambaran kondisi nyata dan kondisi yang diharapkan. Setiap peserta mengerjakan tugas individu sesuai dengan ketuhan sekolah, namun jawaban hendaknya didiskusikan lebih dahulu dalam kelompok. Jawaban saudara uraikan dalam matrik yang tersedia !
Kegiatan Perubahan
Deskripsi Kondisi Nyata
Deskripsi Kondisi Yang Diharapkan




2.    Berdasarkan analisis pada matrik di atas, coba rumuskan tujuan  yang ingin Saudara capai dalam pelaksanaan perubahan.



3.    Tentukan indikator pencapaian tujuan yang telah Saudara buat, sebagai dasar untuk menentukan keberhasilan.
Contoh  :  Kegiatan penilaian
Indikator:  Guru-guru menguasi teknik penerapan penilaian otentik


4.    Tentukan strategi yang akan Saudara gunakan dalam mencapai tujuan perubahan
Contoh :
a.    Menggunakan visi-misi sebagai poros penggerak perubahan
b.    Meningkatkan kompetensi pendidik dalam menerapkan penilaian otentik secara berkelanjutan.


5.    Bagaimana Saudara dapat menjamin bahwa perubahan yang Saudara rencanakan terlaksana dan mencapai tujuan?
Bagaimana struktur organisasinya untuk mendukung efektivitas program? Siapa bertugas apa?

Kapan kegiatan akan dilaksanakan?

Berapa biaya yang diperlukan ? Untuk apa?

Bagaimana cara memantau keterlaksanaan proses dan ketercapain hasilnya?


6.    Buatlah model instrumen evaluasi  keterlaksanaan dan mengukur keberhasilan pencapaian tujuan pada matrik berikut.
No.
Kegiatan Perubahan
Indikator Keberhasilan
Deskripsi Kondisi Nyata
Pencapaian Tujuan
Belum mencapai standar
Mencapai standar
Melebihi standar






















Kelompok..........
Ketua
Sekretaris
Anggota
1.    …………….
2.    …………….
3.    …………….
Lebih lengkapnya klik DISINI

Saran anda , refleksi kami
EmoticonEmoticon